Dear IT-ers.
Numpang tanya. Maaf kalo udah pernah dibahas.
saya bekerja di bagian Engineering di suatu perusahaan di Bekasi,
dimana saya sering melakukan traveling ke beberapa customer di Jawa
Barat dan Jakarta.
Selama di tempat customer, saya menginginkan agar saya bisa
berkomunikasi/telpon ke kantor pusat yang berada di Jepang. Sebetulnya
saya bisa memakai handphone, tetapi saya ingin menghemat pulsa untuk
perusahaan saya.
1. Adakah teknologi atau peralatan yang bisa menghemat biaya tapi saya
bisa berkomunikasi ke Jepang.
Gambaran saya adalah saya membeli laptop dan handphone agar bisa
koneksi internet, kemudian saya kombinasikan dengan skype.
2. Mohon penjelasannya karena saya belum pernah mencoba hal ini,
apakah dengan akses internet via handphone sudah cukup kuat untuk
skype?
3. Yang lebih bagus yang mana, apakah memakai GSM-GPRS atau CDMA, atau
mungkin teknologi 3G. Perlu diketahui bahwa lokasi customer-customer
saya adalah wilayah yang belum terjangkau WiFi (Karawang,
Bekasi,Tangerang,dan lokasi pabrik lainnya di Jawa Barat. (CMIIW).
4. Peralatan apa saja yang diperlukan.
terima kasih.