On 6/6/06, Arya Jaka <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas kenapa ga gini aja...
>  beli laptop + charger mobile...langsung bisa ngecas dari korek
>  elektriknya...
>  nah indashnya jual lagi aja...he...he...he...buat nambah2
>  maksudnya...hi...hi...hi...

menggunakan notebook itu punya beberapa kelemahan:

1. notebook tidak didesain untuk disimpan di dalam mobil yang variasi
suhunya sangat besar (parkir tengah malam dan parkir siang hari
bolong), akan terjadi masalah kondensasi misalnya. kecuali kalau pake
tipe seperti toughbook kali ya.
2. gampang hilang kalau tidak dibuatkan tempat khusus.
3. kalau notebook-nya bukan touchscreen, tetap harus beli layar
touchscreen. mau pakai keyboard saat nyetir?

>  alasannya saya kira kalo PC biasa dayanya ndak keruan borosnya...kalo laptop
>  khan jelas dari prosesor aja sengaja diambil yang mobile, yang khusus agar
>  batrenya bisa tahan lama...begitu juga dengan memory dan vga-nya...udah

apa yang menghalangi menggunakan prosesor low power untuk dijadikan car pc?
banyak kok prosesor yang sudah low power yang cocok untuk car pc.

>  include keyboard dan ada yang langsung touchscreen...mo internet tinggal
>  pake card untuk GSM ato CDMA beres khan...trus kalo pengen nonton, beli deh
>  tv tunernya yang buat laptop...

justru makin repot kan. anda harus beli tv tuner USB lagi. harus mikir
di mana penempatannya. kalau pakai car PC, udah bisa sekali jadi atau
kalau ada tambahan bisa ditambahkan secara internal.

>  tapi kalo emang pengen bikin kreasi ya monggo... ;->
>  seingat saya pernah dibahas bahwa kalo dari power supply ada beberapa volt
>  DC...12V, 5V ama 3.3V, kalo pengen langsung dari 12V ajah nah penyedia yang
>  3.3 ama yang 5 nya dari mana...???paling bisa ya seperti Pak henkie tadi

ya itu, gunakan power supply DC to DC, outputnya sama persis seperti
power supply AC.

>  pake inverter ke 220 trus pake PSU standar aja...oh ya saya rasa mending
>  kalo untuk di mobil bisa dipake PC yang berdaya rendah aja...ga usah yang
>  berat2...misal pake prosesor yang 3GHz lebih...terus VGA-nya yang berat
>  kayak Radeon X1600 ato Nvidia7600 misalnya...soalnya takutnya aki mobilnya
>  tekor om, mo pake alternator yang gede pun ntinya berat untuk mesin pake
>  untuk ngangkat alternator yang gede...
>  maaf kalo salah n sok tahu...

kecuali kalau mau dobel aki, hehe.

anyway, untuk bikin car pc, yang perlu dipikirkan itu harus tahan
guncangan. bisa mulai dengan membuat tempat PC-nya yang bisa meredam
guncangan, lalu pilih harddisk notebook misalnya, karena ukurannya
yang kecil lebih tahan guncangan, atau sekalian tidak pakai hdd, pake
flash drive misalnya. tapi ini ya tergantung mau pake OS apa, kalo
windows kayaknya susah ya dengan storage yang kecil :P

--
I solemnly swear that I'm up to no good, http://data.startrek.or.id
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com