From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf
Of Novi Irawan
Sent: Thursday, June 08, 2006 9:34 AM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: RE: [ITCENTER] Software Ilegal Rugikan Negara Triliunan Rupiah

Ya, anda benar.
Secara global sebenarnya pembajakan memang merugikan banyak pihak, namun
untuk perusahaan s/w propietary besar (terutama M$) justru mendapat
keuntungan dari efek samping pembajakan yaitu kepopuleran dan
ketergantungan terhadap produk mereka. ini poin yang saya maksud.
sisanya adalah sama seperti dalam email anda.

Bukannya saya mendukung pembajakan, justru saya ingin mengatakan bahwa
memakai s/w bajakan pun tidak menguntungkan bagi end user.
Mengapa? begitu mereka memiliki ketergantungan terhadap produk bajakannya,
sudah tidak mungkin bagi mereka beralih ke s/w alternatif (karena biaya
implementasi, pelatihan, migrasi, dll akan menjadi mahal walaupun
menggunakan s/w opensource). Ujung2nya tinggal tunggu di sweeping polisi
dan bayar denda.

-ech-
http://ech.blogspot.com

On Thu, 8 Jun 2006, Abulya wrote:

> Dilihat dari sisi manapun tetap merugikan Pak, TERUTAMA bagi org-org yg
> bermain IT (perusahaan IT). Tp kalo perusahaan lain yg memanfaatkan jasa
IT