..::Nu Kasep::.. wrote:

> Apakah Oracle udah opensource dan GPL? Wah boleh juga tuh...bisa dapet
> dimana yah CD-nya? dah coba obok2 M2M belum nemu euy, semuanya masih
> bajakan bro....

Berhubung nama Oracle disebut sebut saya jadi kudu klarifikasi. Sejak
jaman jadul pakai Oracle 8 pakai Personal Edition, sebetulnya anda bisa
download Oracle secara free untuk dipakai sendiri dalam mode testing,
self usage ataupun prototyping. Licensenya sendiri cuman paper license
of Right to Use.

Silahkan baca di sini :

http://www.oracle.com/technology/software/index.html

All software downloads are free, and each comes with a Development
License that allows you to use full versions of the products only while
developing and prototyping your applications. You can buy products with
full-use licenses at any time from the online  Store or from your sales
representative.

Sejak jaman Oracle 9 malah seingat saya gak perlu pakai Personal
Edition, all the same.

Jadi kalau mau belajar Oracle, silahkan download sendiri, moga moga
tidak fakir bandwith :D
Kalo soal GPL, apa memang perlu kudu GPL untuk bisa dipelajari secara
_gratis_ ? Ndhak tho.

> Dulu sy punya warnet dgn karyawan lebih dari 10 orang harusnya
> pemerintah Indonesia membantu kelangsungan UKM warnet sy karna sedikit
> tidaknya membantu pengangguran di Negara ini tapi apa yang sy
> dapat???Setan2 PUNGLI DGN SEJUTA ALIBI membuat warnet sy merugi hingga
> sy harus merumahkan lebih dari 10 orang dan kini sy dagang juga dengan
> sembunyi2. Sy tau betul pemerintah daerahpun masih banyak pake BAJAKAN
> karena banyak konco2 sy juga mengelola beberapa web mereka. Jadi Tolong
> biasakan Mulai dari DIRI SENDIRI, jangan pernah jadi MALING TERIAK MALING.

Sad to hear that, my simpathy to you.
Tapi jadi kepingin tahu, waktu anda buka warnet, pakai software bajakan
atau _gratis_ software macam Linux GPL?