--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Arya Jaka" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Syiwa, terlalu berlebihan kalo saya bilang...untuk menjalankan
aplikasi
> OO / Microsoft Office memerlukan memory sampe 1 GB...memang pastinya
akan
> lebih nyaman...tapi kalo untuk "ngetik2" doank harus segitu
mahalnya...saya
> rasa semua orang di Indonesia jadi lebih sulit memiliki sebuah
kompie... ;->
> Saya rasa adanya kemungkinan crash antara OO dengan
> Windows-nya...menyebabkan jadi sangat lambat...mungkin bisa coba
> [...]

OK, begini, di tulisan awal, saya kasih tahu sebelumnya kalo saya
tidak punya mesin dibawah 1GB, karena pakainya laptop semua, dimana
bawaan adalah 256GB, kemudian ditukar dgn SODIMM 1GB. Jadi memang saya
tidak merasakah hidup dengan memory diantara 256MB dan 1GB. FYI SODIMM
DDR2 512MB S$98, 1GB S$140, jadi saya beli 1GB.

Kemudian, selama beberapa bulan ini saya menitipbelikan laptop Acer
Travelmate 2423 yg murmer (S$888) buat beberapa teman saya. Pada waktu
diinstall WinXP OEM, dgn RAM bawaan 256MB terasa sangat lambat
dibandingkan ketika menggunakan RAM 1GB. Oleh karena itu saya
menemukan batas kenyamanan WinXP saja, adalah harus diatas 256MB. Next
possible bank size adalah 512MB untuk laptop saya. Ketika OO 2.x
diinstall, ampun bisa lama sekali loadnya. Tapi ketika diganti ke 1GB,
dengan nyaman bisa dipakai.

Saya lihat anda sendiri belum pakai OO juga, nanti silahkan dipakai
dan dicoba dirasakan. SAlah satu problem OO dan Star Office, adalah
banyak library yg dibawa sendiri, dan tidak re-usable dari MS Windows,
serta bentuknya yang monolithic, tidak modular seperti MS Office. Dari
sisi penggunaan resources, MS Office lebih unggul dari OO dan SO.

Nanti kalo saya sudah bisa reboot laptop saya ini, saya juga akan
lihat usage memory dari OO dan SO ketika mesin fresh started berapa.
Sekarang gak bisa, karena tadi siang sudah buka buka OO dan SO, jadi
librarynya sudha terupload mestinya dan saya belum bisa reboot.