Yohanes Kurniawan wrote:

> di http://jim.geovedi. com/Publications /KoneksiNirkabel YangAman
> <http://jim.geovedi.com/Publications/KoneksiNirkabelYangAman> disebutkan
> kalo belum ada sistem operasi windows yg mendukung WPA.
> saya pernah instalasi WiFi pakai WPA dengan WinXP kok lancar2 aja bisa
> terkoneksi

WPA supplicant baru dimasukkan dalam paket Windows XP setelah versi SP1.
Berarti anda sudah punya paling tidak Win XP SP2. Kalau punya anda Win
XP FCS, ya jelas kudu install WPA supplicant, either dari vendor Wi-Fi
card atau dari 3rd party.

> WiFi yang dipakai adalah 802.11g dengan mengaktifkan WPA speednya tetap
> 54Kbps tuh

54Mbps kali yah?
Anyway, pakai atau tidak pakai WPA maupun WEP, tetap saja 802.11g akan
lari di 54 Mbps. Hanya saja karena ada overhead enkripsi, throughput
antara clear channel akan lebih tinggi daripada WPA dan WEP mode

> tapi belum coba sih kalau Win2000 bis agak yah pakai NIC WiFi 802.11g bisa
> gak yah ?

Bedakan antara driver NIC 802.11g dengan WPA. Tanpa perlu WPA
supplicant, anda bisa saja pasang NIC 802.11g di OS mana saja asalkan
ada drivernya. Baru ketika anda mau mengaktifkan WPA, di OS tersebut
harus sudah ada WPA supplicant software.