On 7/4/06, Malik <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya yakin sekali bahwa yang akan memberikan saran "PASTI" bertanya.
> Server untuk apa ?
> File server ?
> DNS ?
> Mail Server ?
> Gateway ?
> Database server ?
> dsb,dsb...
>
> Sebagai gambaran ke Anda... Saya menggunakan Komputer bekas dan tua
> (Compaq Prosignia P2-233, 64 MB RAM, 4.3 GB SCSI) saya gunakan untuk
> gateway dengan client lebih dari 100 komputer
> Komputer itu mungkin kalo di jual Rp 1juta belum tentu ada yang mau...

hehehe... bikin DNS server dengan budget 5.5 jt kayaknya udah mewah
banget bagi yang ngerti gimana cara bikin server. :)

betul, definisikan dulu servernya mau buat apaan. tapi yang jelas,
kalo mau pake yang branded, rasanya nyaris tidak mungkin. supermicro
termurah yang saya tahu harganya masih berkisar 1.000 dolar.

tapi kalo kantor emang menutup mata soal beginian, dan servernya cuma
sekedar serving web pages, saya mungkin pilih yang begini:
- gak perlu cdrom/dvdrom/monitor/mouse/keyboard. untuk keperluan
instalasi pinjem dulu dari yang existing.
- pilih pentium 4 dual core yang 2.66 GHz, harganya mungkin sekitar 1.3 jutaan.
- pilih motherboard yang sudah onboard SATA II RAID, gigabit ethernet,
taruhlah 1 jutaan.
- vga card yang 100 ribuan aja.
- power supply yang mumpuni, misalnya sonic gear atau HEC yang 500
watt, ini harganya 700 ribuan.
- memori minimal aja dulu, dual DDR2 256 MB harganya gak sampai 250
ribu, buletin 500 ribu.
- sisa 2 juta buat beli hdd. bisa buat beli seagate SATA II 250 GB 2
biji buat dibikin RAID mirroring (jadi boros memang, tapi ya duit
segitu antara pake RAID mirror atau tidak sama sekali). sisa duitnya
bisa diperhitungkan buat beli motherboard yang lebih OK, atau
dialihkan ke beli memori.

cuma ya, ini jadi server rakitan, garansi ditanggung yang merakit. :P

--
I solemnly swear that I'm up to no good, http://data.startrek.or.id
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com