Anda pakai ISP abal-abal? Masa sih IP SMTP punya ISP bisa sering di blok?

Kalau yakin IP yang ke blok itu punya ISP, bukan IP yang Server di kantor
anda, kemungkinan masalahnya bukan di anda. Yang pakai IP SMTP ISP itu bukan
hanya anda, tapi juga seluruh kustomer ISP tersebut. Jadi bisa saja kustomer
lain yang jadi penyebabnya.

> Tapi saya coba benahi juga jaringan internal. Saya belum
> pernah membuat POP3 dan SMTP sendiri di mail server dan sama
> sekali belum tahu caranya, apa aja software yang diperlukan?

Nah giliran saya yang bingung. Anda katakan, di tempat anda ada mail server,
untuk terima email. Untuk kirim mail, pakai SMTP ISP. Kalau setupnya benar
begitu, berarti anda sudah pasang software mail server dengan fasilitas POP3
(terima email). Anda tinggal aktifkan fasilitas SMTP (kirim email) di mail
server tersebut.

> Kalo IP Public biasanya harus bayar lagi kan untuk
> mendapatkannya dari ISP? Kalo di kantor saya tidak pernah ada
> biaya untuk itu jadi kemungkinan kami tidak menggunakan IP Public.

Ngga mesti bayar, tergantung paket ADSL mana yang anda ambil dan siapa
providernya. Banyak ISP yang memberikan 8-16 IP Public Statis secara gratis,
untuk akses ADSL Unlimited. Jadi, hubungi dulu ISP anda.

Salam
Albert