"Albert Siagian" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

------cut-------

> Selain itu, sebenarnya ada hal lain yang yang menyebabkan akses HDD
> lambat,
> yaitu chipset mainboard. Saya pernah lakukan benchmark sederhana 10
> mainboard dengan chipset Intel, VIA dan SiS. Ternyata untuk chipset SiS,
> transfer data dari DVD ke HDD akan lebih lambat hingga 300%, dibandingkan
> chipset Intel dan VIA. Hasil benchmark ini cukup konsisten di mainboard
> AMD
> Socket A, Intel Socket 478 dan Intel Pentium 3. Saya belum coba di
> mainboard
> [...]

Wpy:
Memang klo saya perhatikan mainboard merk Asus, Gigabyte,
MSI dan ECS yg memakai chipset Sis harganya jauh lebih murah
dibandingkan dgn mainboard yg memakai chipset Intel atau VIA.
Itu untuk mainboard platform Intel. Klo untuk mainboard platform
AMD lebih bagus chipset NVidia. Saya memakai mainboard MSI
(sory typenya lupa) dgn prosesor AMD Athlon XP 1,7+ Ghz di
rumah, sangat cepat sekali jika install Win-XP dan semua program.
Begitu juga klo copy file dari DVD ke HDD Maxtor 60 Gb.
Sangat beda hasilnya ketika saya bandingkan dgn Pentium 4 1,7 Ghz
yg memakai mainboard Asus dgn chipset Intel (memory sama2 256 Mb).
Untuk install Win-XP saja butuh waktu yg lebih lama (saya catet waktu
yg dibutuhkan untuk install Win pake TIMER). Install komp tsb merupakan
stand alone (home user).

Untuk sekarang ini mainboard untuk platform AMD Ahtlon XP 64 Bit
yg sangat powerful menurut saya yg memakai chipset NVidia NForce4.
Atau NVidia NForce4 Ultra. Itu untuk socket 939. Klo untuk socket
AM2, yg bagus itu chipset NVidia NForce 590 yg sudah support SLI
atau support untuk dipasang 2 VGA Card PCI Express. CMIIW.

Salam,
Wiempy