On 10/3/06, Suryo Basuindro <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ada rekan di sini yg bisa share untung rugi pake thien client entah
>  windows base ato linux?
>  saya diminta atasan utk fs implementasi thien client ini.
>  fyi,
>  jumlah user 60
>  existing LAN 10/100Mbps
>  rencana digunakan utk jalanin ERP

fs = feasibility study? bukannya berarti situ memaparkan dulu apa saja
yang anda sudah ketahui? :)

keuntungan sih banyak.
- kalau pakai citrix metaframe / protokol rdesktop, bisa jalan dengan
hanya 5 KBps per client, asalkan tidak banyak mainan grafik (ERP sih
lancar2 aja). jadi pake dial-up pun bisa.
- centralized. artinya mau deploy cukup satu kali, bukan ke 60 klien.
mau troubleshooting cukup ke satu titik, bukan ke banyak titik. mau
ngadmin / maintenance juga cuma di satu titik.

kelemahan:
- sangat bergantung pada network, tidak ada offline mode.
- kalo server bermasalah, ya 60 user itu juga nggak ada yang bisa kerja.

--
I solemnly swear that I'm up to no good, http://data.startrek.or.id
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com