HARDISK SEAGATE 10 Giga (IDE)... hardisk sudah berumur kira2.. 4 tahun sejak
awal pembelian..

Hardisk lainnya... pernah dicoba... dan di BIOS juga ke deteck.. tapi ketika di
restart lagi.. sama.. semua hardisk tidak ke deteck lagi..

Pemasangan jumper sudah benar.. karena sebelum2nya.. saya sudah lumayan utak
atik bongkar pasang CPU..

Hanya.. saja.. yang anehnya.. kenapa di BIOS kedeteck sedangkan ketika masuk ke
boot awal hardsiknya ngga ke deteck lagi ??

Apakah ini ada hubungannya dengan kabel data yang sudah harus diganti (saya
belum mencoba karena ngga ada cadangan kabel data)... atau kabel powernya yang
ke hardisk juga udah ngga ngasih "power" lagi !!

Atau maalhh board hardisknya.. !!

Makasih atas masukkannya  :>