Yup...

Jika masih dalam tahapan belajar, barangkali bukan spesifikasi dari
komputernya... tetapi aplikasi yang akan anda gunakan, untuk melakukan proses
editing tersebut...

Kalau boleh saya sarankan untuk saat ini, anda dapat menggunakan aplikasi dari
Adobe yang khusus untuk melakukan proses editing yaitu Adobe InDesign CS2...
(atau CS3, saya kurang pasti apakah ini sudah di release atau belum...)

Kemudian bergabung dengan milisnya InDesign User Group...   Melihat situs web
dari Adobe yang berisi training & tutorial... situs dari Layers Magazine
(http://www.layersmagazine.com), situs www.studio-adobe.com, situs
www.indesignsecrets.com dan situs www.acrobatuser.com...

Di situs terakhir, anda cari tulisan2x dari Ted Padua...

Sedangkan spesifikasi komputernya, anda bisa gunakan spesifikasi minimal yang
di sarankan di situs Adobe tersebut... Hasil akhir dari Design Creative anda
tidak di tentukan oleh tampilan di layar monitor anda, tetapi oleh pengaturan2x
yang anda buat dalam proses pembuatan design dan/atau proses editing anda di
aplikasi Adobe InDesign tersebut...

Jika anda akan menjadi editor yang profesional, yang perlu anda pikirkan adalah
memiliki printer yang bisa melakuan "Show Proof" dari hasil editing anda, jika
nanti di cetak di spesifikasi kertas yang anda tentukan... Sehingga akan
menghasilkan file Acrobat yang oke... dan film hasil cetak yang juga oke...

Salam,
Indrayana MB.

yunaldi libra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                                  wah
kok jadi rumit yah. saya kan mintanya spesifikasi minimal, kok harganya
 sampai 20 juta sih. wah gawat nih, saya kan bukan editor profesional, cuma
 pengen belajar aja kok. mohon bantuan yah
 makasih