On 1/4/07, Ibnu Hartanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  klo mau utk editing (un profesional) aja kagak perlu pake namaya mac ato
>  core 2 atau teknologi keluaran terbaru... alesan masih mahal kalo mau ada
>  dapat nyari prosesor yg kecepatanya 3 ghz keatas terserah apa aja, memory
>  minimal 2 Gb keatas kalo bisa DDR 2, HD 200 Gb keatas kalo bisa udah SATA 2
>  pake ATA juga gk apa 2. utk Hardware Editingnya bisa pake buatan pinacel,
>  utk software nya terserah bisa pake adobe, ulead, dan lain-lain. harga
>  tergantung mahal itu seberapa ?? kalo gw mahal itu diatas 3 juta udah mahal.
> [...]

saya nggak pernah bilang kalau 10 juta itu murah, silakan cek tulisan
saya lagi. yang saya komentari itu tulisan yang ngomong mac itu
harganya 20 juta, dan itu juga sudah saya pertanyakan, itu yang mana
tuh yang 20 juta? logika sederhana saja, apakah 10 juta itu tidak
lebih murah ketimbang 20 juta?

kemudian, kenapa saya milih mac? karena out of the box (pakai macbook
misalnya), anda sudah bisa langsung melakukan video editing, karena
semua hardware maupun software sudah tersedia. hardware ya firewire,
untuk transfer DV dari handycam. software tergantung tipe mac-nya,
kalau yang sudah DVD writer dapet iMovie HD, kalau yang belum DVD
writer dapet iMovie yang biasa.

sekarang kalau anda beli desktop untuk windows misalnya, kalau untuk
pemula dia harus belajar banyak dulu. pertama dia harus beli PC yang
ada firewire-nya, entah onboard mobo, entah pake card firewire. lalu
cari software untuk editingnya, yang gratisan bisa virtualdub atau
microsoft movie maker 2, yang hanya bisa jalan di XP. dan btw windows
XP itu tidak gratis, harganya sekitar 1.5 juta tuh. mungkin harga
total termasuk software bisa < 10 juta, tapi harus merakit dan tahu
apa yang mesti dibeli.

bukan berarti saya anti windows, tidak. saya malah lebih terbiasa
video editing di windows, tapi itu faktor kebiasaan sih. lalu plugin
filter untuk virtualdub itu banyak sekali yang berguna, dan banyak
yang menyediakan plugin gratisan. cuma, saya bisa sampai tahap ini
setelah belajar lama, mungkin setengah tahun.

--
I solemnly swear that I'm up to no good, http://data.startrek.or.id
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com