----- Original Message -----
From: "yunaldi libra" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Sent: Monday, January 08, 2007 7:09 AM
Subject: [ITCENTER] kartu grafis dan motherboard

> mohon bantuan nih.
>
> 1. apa sih kriteria motherboard yang bagus untuk di pakai memainkan
> game-game terbaru? ada recoment dan harganya kalau bisa.

Ya harus up to date aja dengan gamenya, misalnya untuk game yg keluar tahun
2007 ya minimal harus dengan komputer spesifikasi taon 2005 s/d 2006. Jangan
pake PII, yah gak bakal kuat alias lelet bahkan gak bisa jalan samasekali.
Biasanya di belakang cover cd game diterakan untuk minimal system
requirement nya coba dilihat saja. Selain motherboard anda juga harus
memperhatikan kecepatan prosesor dan kapasitas memori.

> 2. apa yang menentukan kualitas dari sebuah kartu grafis?

hmmm... kalo dilihat sekilas sih semakin tinggi mb dan bit nya kualitas
grafik yang dihasilkan kartu itu semakin bagus. Contoh geforce mx4000 64mb
64bit dengan geforce mx4000 128mb 64 bit yah bagusan yang 128mb.Kalo
dibandingkan lagi dengan fx65006600LE 256mb kedua kartu grafis diatas kalah
jauh.

> 3. fitur apakah yang terbaru sekarang ini yang dimiliki oleh kartu grafis
> edisi terkini?

ya sekarang udah trend ke pci express yang lebih cepat kurang lebih 4 kali
dari kartu agp tercepat, dan cepat lambat semua game masa mendatang sangat
membutuhkan card pci express ini. Jadi bila anda mau maen game2 yang baru
jadi anda akan sangat membutuhkan pci express ini.

> 4. apakah sistem operasi linux bisa mendetec semua motherboard dan kartu
> grafis?

ini saya kurang tau juga karena saya gak pernah pake linux, tanyakan pada
master2 linux kita disini.

> 5. mana yang lebih bagus kartu grafis yang memiliki slot pci express atau
> AGP? kenapa?

ya tentu saja dengan slot pci express, karena seperti saya bilang tadi kartu
pci express dapat mentransfer data sampai 4gb/s dibanding kartu agp yang
cuma  2.1gb/s

keuntungan lain yaitu kita dapat menghubungkan lebih dari 1 pci express card
di komputer kita yang tidak bisa dilakukan di agp card

apabila anda ingin coba coba beli saja motherboard ecs yang bisa support
baik agp maupun pci express, jadi anda bisa coba sendiri bagaimana bila
motherboard itu digunakan pake agp 8x dan bagaimana kelebihannya bila
motherboard itu dimasukkan pci express, tipe nya ECS 915P-A.

Cuma pci express ini harganya masih agak mahal dibandingkan dengan agp 8x
yang sudah cukup murah, walaupun yang 256mb masih lumayan tinggi harganya.

> terima kasih atas bantuannya.

Sama sama dan CMIIW bagi rekans semua.