Abdul Arfan wrote:
> file open office itu disimpan dalam format xml yang terkompresi
> sehingga ukuran filenya akan lebih kecil dibanding dokumen
> ms office.

Saya tidak bicara soal ukuran file *data* OpenOffice.
Yang saya bicarakan adalah *binaries/executable* dari OpenOffice.
Binaries OO akan menyebabkan memory displacement yang lebih besar dari
MS Office, karena library-nya yang tidak re-usable dari MS Windows dan
sifatnya yang monolithic.
Coba deh diukur free-mem anda dari Open suatu document yang sama memakai
OO dan MS Office di Windows.

Karena sebab itu, perlu RAM besar kalo mau pakai OO di Windows.
Sedangkan di Linux, hal ini tersamarkan dengan footprint memory Linux
sendiri yg kecil. Akibatnya untuk system 256MB RAM di laptop saya, saya
pakai combo Linux+OO, bukannya Windows XP+MS Office.