On 1/31/07, The_Eye_In_The_Sky <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya tidak bicara soal ukuran file *data* OpenOffice.
> Yang saya bicarakan adalah *binaries/executable* dari OpenOffice.
> Binaries OO akan menyebabkan memory displacement yang lebih besar dari
> MS Office, karena library-nya yang tidak re-usable dari MS Windows dan
> sifatnya yang monolithic.
> Coba deh diukur free-mem anda dari Open suatu document yang sama memakai
> OO dan MS Office di Windows.

Mungkin pak Abdul Arfan salah ngambil tread aja. Mungkin maksudnya
mengomentari yg ini (item 3):

On 1/29/07, The_Eye_In_The_Sky <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> 1. Multiplatform, saya pakai di Windows, Linux, Solaris dan OS X
> 2. Bisa format OpenDoc
> 3. Ukuran file kecil
> 4. Bisa export ke bentuk PDF dengan langsung

Tentang ukuran file, ms office (word) 2007 memperbarui format filenya:

The new Word XML format is a compressed, segmented file format that
offers a dramatic reduction in file size and helps ensure that damaged
or corrupted files can be easily recovered

Saya sudah coba save as dari format lama (*.doc) ke format baru
(*.docx) memang ukuran file mengecil signifikan, dari sekitar 700 kB
menjadi sekitar 200 kB. Tapi kurang tau apakah format docx ini bisa
dibaca OpenOffice/word processor lain atau tidak, saya belum pernah
coba.

Mengenai save as ke PDF maupun XPS, ms office 2007 juga bisa.