----- Original Message -----
From: "The_Eye_In_The_Sky" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, February 07, 2007 11:08 PM
Subject: Re: [ITCENTER] Tentang SERVER

> Mail Server, Database Server dan NAT router adalah 3 service yang tidak
> mungkin bisa digabung.
>
> NAT Server adalah dengan alasan security.
> Mail Server dan DB Server punya kebutuhan I/O tinggi, jadi kalo digabung
> akan saling membunuh, atau memberatkan service yang lain. Untuk yg dua
> ini saya rasa paling tepat ditunjuk pakai 2 server lokal baru itu. Hanya
> saja saya kok bingung yah, katanya pakai disk JBOD SATA, tapi kok ada
> 6xSCA Hotswap? Ini bukannya disk SCSI, pakai konektor SCA 80 pin?
> NAT server pakai server teringan saja, mungkin yg rakitan itu. Digabung
> [...]

Terima kasih Pak masukkannya
Dalam pikiran saya sebelumnya server tersebut :
1. Server baru : khusus Database Server --> Ms Windows 2003 + Ms SQL Server
2005
2. Server baru : Mail Server + Webserver + DNS Server --> Ms Windows 2003 +
IIS + Squirelmail (bukan Exchange)
3. Server ML370 : untuk File Server --> Saat ini Redhat 9 + Samba, untuk
sharing dokumen2 word, excel dsb
4. Server Rakitan : untuk NAT
Untuk DMZ masih ada Router D-Link DI-804HV atau komputer NAT yang sekarang
saya pakai (P3 1 GHz, 512 RAM, 20GB IDE, Mandrake 2006, SQUID)

Untuk Board SCA saya belum tahu, tapi review-nya kira-kira ini
http://www.ciao.co.uk/Intel_Server_Board_S5000VSA__6496060

Webserver dipastikan menggunakan IIS karena databasenya menggunakan Ms SQL
Server. Saya sich sebenarnya penginnya Linux + Apache + MySQL + PHP, tapi
karena kami sudah ada Agreement dengan Microsoft (Campus Agreement), maka
sayang kalo' tidak di manfaatkan.

Tentang server sendiri jika dibandingkan dengan server ber-merk terkenal
(DELL, Compaq, NEC, SUN, ACER, dsb) untuk harga < $3000, hanya dapat 1
processor, 1 GB RAM, 250 GB HD SATA2, kira-kira segitu.
Processornya saya juga minta ganti dengan Intel Xeon 5120 (dual core 1,86
GHz, 1066 FSB), sedangkan Intel Xeon 5050 (dual core 3,0 GHz, 667 FSB)
Penggunaan Harddisk SATA2 pada Database Server berpengaruh signifikan atau
tidak jika dibanding SCSI U160 ?

Oh ya.. rencananya untuk alokasi space email masing-masing mahasiswa sebesar
10MB, tahun pertama dibangun sebanyak 1500 mahasiswa, setiap tahunnya
bertambah sekitar 500 mahasiswa.
Untuk NAT rencananya juga akan dibangun Hotspot di lingkungan kampus untuk
akses Intranet + Internet

Apapun masukkannya sangat berarti bagi kami. Terima kasih Pak

Salam,
Malik Mt