Oh kalau tertulisnya sih memang begitu.  Tapi berdasarkan pengalaman saya dalam
bidang produksi TV berbagai merek Jepang, belasan tahun lalu, yang juga lolos
standar JIS, UL, IEC dan lain sebagainya, justru sering sekali TV di konsumen,
jebol, kalau tegangan listrik inputnya 150 ~ 160 volt (sebenarnya tepatnya
antara 140 volt ~ 160 volt), terutama untuk TV di daerah, yang pengaturan
tegangan listriknya sangat jelek.

Yang saya tahu, pada prinsipnya, rangkaian power switching, mempunyai toleransi
yang lebar sampai bisa mencapai +/- 30% yang berarti untuk tegangan nominal 220
volt, bisa 154 volt sampai dengan 286 volt dan untuk tegangan nominal 110 volt,
bisa 77 volt sampai dengan 143 volt.  Untuk mendeteksi tegangan input apakah
110 atau 220 volt, maka ada rangkaian pendeteksi dan rangkaian pendeteksi ini,
akan mengubah apakah yang akan digunakan adalah rangkaian penyearah bridge
(untuk 220 volt) atau rangkaian doubler (untuk 110 volt).  Nah inilah,
rangkaian yang saya tahu untuk TV tahun 1980 ~ 2000 an.  Ataukah sekarang di
jaman ini, rangkaiannya sudah berbeda ?

Jadi, yang saya kemukakan hanya sekedar yang saya tahu dari pengalaman secara
praktis dan topik utama nya adalah, mengenai UPS off line, yang menurut saya,
kalau komputernya restart, batere UPSnya baru, maka itu terjadi dikarenakan
sumber listrik PLNnya mati menyala mati.

Saya pernah mengalami kejadian di kantor. Karena steker UPS kelas kacangan yang
digunakan, ditancapkan ke stop kontak yang bermutu jelek, tiba-tiba komputer
yang sedang digunakan restart dan terjadi beberapa kali dan pengguna meminta
saya tolong saya untuk menganalisanya.  Saat diselidiki, terminal stekernya
tidak tertancap dengan erat oleh jepitan terminal stop kontak, sehingga terjadi
setengah kontak dan terjadi percikkan api diantaranya. Kemudian saat saya
coba-coba UPS itu, saya kontak dan tidak kontakkan, benar, terjadi hal yang
sama.  Pernah juga terjadi, listrik PLN mati, kemudian menyala sangat singkat
dan kemudian mati, juga mengakibatkan hal yang sama.

Salam.