  From: bAKT
  To: ITCENTER@yahoogroups.com
  Sent: Monday, February 26, 2007 2:38 PM
  Subject: Re: [ITCENTER] tanya UPS

  Apakah psu yg diimpor ke jepang akan bakal dapet nasib seperti itu
  (meledak)?
  Memang dengan lebih rendahnya voltage, sementara daya yg dibutuhkan
  tetap, efek yg di timbulkan adalah panas.
  Tapi rasanya kalo memang benar dibuat antara 90v sampe 240v pasti ada
  alasannya. Tiap negara mempunyai voltage yg berbeda2 bukan karena
  flutuasi semata.
  Kalopun capasitor rusak bukan karena 90 - 240, tapi memang kulaitiasnya
  jelek.
  Rasanya hal tersebut tidak akan terjadi di psu2 semacem tagan, ocz atau
  yg sekualitas.
  Biasanya juga di manual juga jelas, berapa real outputnya di min atau
  maks voltage . .
  cmiiw

  Henkie Basuki Djayapranata wrote:
  > Oh, benar sekali, masalah listrik mati-hidup-mati, tidak diketahui secara
pasti, apakah hal tersebut benar-benar terjadi dan bisa diketahui pengguna.

  > Jadi yang saya kemukakan juga hanya "Hypothesis", seperti yang pak
The_Eye_In_The_Sky yang ber Hypothesis lebih dalam, yang mungkin lebih tidak
dimengerti orang awam, antara lain mengenai beban induktif, spike, transient,
brown-out.

  > Setahu saya, malahan tidak ada power supply yang bisa menangani benar-benar
tegangan masuk 90 volt sampai dengan 240 volt. Tegangan di 150 sampai dengan
160 volt, sering membuat capacitor reservoir meledak. Pihak perancang, menulis
power supplynya bisa bekerja dari tegangan 90 volt sampai dengan 240 volt,
hanya sebagai informasi yang memudahkan dimengerti konsumen.