[EMAIL PROTECTED] wrote:
> Jadi bingung nih,
> Karena semuanya berbeda juga pendapatnya.

Welcome to Open Source world. Everybody has the freedom to say and
implement. Itu makanya dunia Open Source itu umumnya chaotic, penuh
debat dan macam macam aliran/cara untuk menyeselesaikan sesuatu.
Hasilnya sering malah membuat bingung pemula dan membuat takut typical
corporate users yang berkeinginan untuk mendapatkan solusi yang stabil.
Tapi di sisi lain bagusnya adalah mudah dan murahnya peer review,
sehingga banyak produk bagus yg terasah dan juga banyak security hole
atau bug yg diperbaiki. Dengan catatan software yang dipakai sedang "in"
atau "trendy" sehingga banyak peminat. Begitu peminat menurun, bye bye
selamat masuk kubur.
> Komputer saya pentium 4 2.4ghz dan P4 celeron

P4 Celeron? Waduh, barang apaan tuh? Sayangnya anda tidak stating ukuran
RAM anda.
Kalau RAM anda >512MB, maka bisalah pakai distro yang interfacenya pakai
Gnome, seperti Ubuntu. Atau pakai KDE, seperti Kubuntu.
Sementara jika RAM anda <512MB, pakailah distro yang berbasis interface
xfce, seperti xubuntu.
Saya sengaja pilih semuanya dari lineage Ubuntu : Ubuntu, Kubuntu,
xubuntu, dengan alasan ini distro yg sedang sangat populer, jadi banyak
teman kalo mau discuss di forum, selain itu semua software utamanya
dikemas dalam 1 CD, gak banyak banyak dan tidak terjadi duplikasi
software berbeda dengan tujuan pemakain yang sama. Selain itu distro ini
tidak terlalu "malu malu" mengadopsi proprietary driver untuk beberapa
device, dan yg paling asyik di mirro r di IIX, salah satunya di
kambing.vlsm.org

Nanti kalau anda sudah mulia bisa dan mau jadi Linux professional,
saatnya pindah ke CentOS, yg merupakan clone dari Red Hat Enterprise
Linux. De facto enterprise Linux dengan market share terbesar, dan juga
corenya digunakan oleh VMWare ESX.
> Apakah semua versi , software pendukungnya sama?
Secara teoritis, semua open source code bisa dicompile sendiri, sehingga
software apapun akan ada di Linux distro manapun. Hanya proses compile
dan penentuan library terpakai itu bukan soal mudah buat common user.
Jadi solusinya, pakailah distro yang "in" dan "trendy", yaitu Ubuntu.