On 5/10/07, Ryo Saeba <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  yang menjadi pertanyaan:
>  1. bisakah setup dua squid proxy itu dalam satu mesin? biar nggak
>  boros mesin ceritanya.

menurut saya bisa, karena konfigurasi dari squid bisa diarahkan untuk itu,
anda tinggal konfigurasikan instance dari squid pertama untuk
mengambil file konfigurasi instance pertama, dan instance squid
berikutnya mengambil konfigurasi yang lainnya, dengan asumsi anda
juga mengkonfigurasikan listening interface/port dan cache dari masih
masing squid di tempat yang berbeda.

dengan pendekatan yang berbeda, dulu saya pernah melakukan penggabungan 2
link yang berbeda (tetapi squid nya di beda mesin),
menggunakan WPAD proxy load-balance script.

super proxy script
http://naragw.sharp.co.jp/sps/

script diatas scalable untuk berapapun jumlah squid proxy yang anda punya.

>  2. bisakah dua koneksi internet itu dilakukan dalam satu mesin? saya
>  masih gak kebayang gimana caranya routing dua proxy dalam 1 mesin ke
>  dua koneksi internet yang berbeda.

IMHO, di LARTC (lartc.org) kalau anda menggunakan linux, ada caranya,
atau http://www.netlife.co.za/content/view/12/34/

>  yang mungkin bakalan jadi masalah:
>  - kalau terjadi sesi http yang sisi server mencatat IP dari klien, dan
>  kebetulan pen dalam sesi tersebut memindahkan arah koneksi proxy-nya.
>  tapi dari baca2 man pen sepertinya kecil terjadi kemungkinan itu.

saya pribadi belum pernah mencoba pen, tetapi di layer 2, anda bisa
melakukan policy-based routing untuk protokol2 tertentu (seperti ftp dan https,
yang mempunyai strict-checking terhadap incoming address, dan apabila
terjadi perpindahan outgoing IP dari sisi anda ke mereka, ini akan menjadi
masalah), semisal untuk link https, anda gunakan static outgoing address.

http://www.netlife.co.za/content/view/47/34/