On 5/19/07, Alpha Bagus Sunggono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Justru itulah,
> Mengapa terjadi permasalahan2 ini ?
>
> Mengapa pendidikan di Indonesia sebegitu "buruk" nya ?
> Apakah karena kurangnya Infrastruktur? Library ? Resource2 lain ?
> Apakah karena kurangnya Pakar pendidikan ? (Akibat lari ke luar
> negeri, gak mau disini)
>
> Mengapa demand lebih kecil dari suplai ?
> [Maksud saya , mengapa demand di Indonesia sebegitu kecilnya ? ]

ya karena bisnis di indonesia cuma modal excel bajakan aja sebenarnya
udah jalan.
itu yang orang indonesia bikin bisnis. kalo orang luar bikin bisnis
yang bikin tech centernya di berbagai negara asia (kecuali tentunya,
indonesia), itu karena kualitas rata-rata- SDM-nya masih kalah
dibanding kualitas rata2 di luar. ini saya nyebutnya rata2 ya, karena
bukan mustahil selalu saja ada orang sini yang kualitasnya mengalahkan
sesama asia atau bahkan negara barat.

> bukankah lebih baik menggenjot Kualitas SDM,
> sehingga bisa digaji tinggi ?

lha kalo ini mau digenjot dengan cara bandingin dengan penghasilan pengemis? :))

> Salah siapa ?
> Ata kalo tidak boleh mengatakan salah siapa,
> ya Bagaimana solusinya ?

ya kultur orang sini kan memang kayak gitu, melihat ada bisnis yang
bagus, semuanya ramai2 ikutan sampai pasar tersaturasi. ada yang bikin
warung gaul, semuanya ikutan. ada yang bikin burger laku, semuanya
pada ikutan bikin burger. melihat bidang IT menjanjikan, semua bikin
sekolah IT dan anak2 sekolah pada masuk sekolah IT. para pengikut ini
yang memenuhi pasar dengan barang kualitas nggak setara dengan
orisinalnya yang bikin susah.

--
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com
maxgain scams, http://maxgain.wordpress.com