Betul Pak.

  Di HQ pakai SIP server . Nah di klien tinggal beli IP Phone atau WiFi Phone ,
atau bahkan bisa pakai Nokia E-series atau seri lainnya yang udah ada WLAN nya.

  Yang jelas berbasis SIP, jangan H.323. Japri aja pak, mungkin saya bisa bantu.

  Thks.

The_Eye_In_The_Sky <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          pbgabsi wrote:
> Lagi nyari VOIP Phone utk LAN jadi gak perlu Skype dll, yg penting ada
> RJ45 (bukan USB), sukur2 wireless phone. Utk dipakai di multisite yg
> sudah terkoneksi TCP/IP.
> Ada yg bisa kasih rekomendasi merk, type dan harganyanya (jakarta based)?
Kudu cari yg SIP or IAX based phone. Ini kalo di Jakarta yang resmi
cuman Polycom Soundpoint IP, tapi jelas mahal, karena per unit bisa jadi
US$500.
Kalau mau murah beli yg Taiwan product, Tiger Netcom
http://www.tigernetphone.com/Download.htm
IPPH 202 dan 203 di jual sekitar S$100 di Singapore, coba jalan jalan di
M2M, karena barang ini saya lihat nongol di Malaysia dan Vietnam juga,
jadi harapannya di Indonesia juga ada.
Ada juga merek US, Budgetphone, tapi pasti susah masukinnya ke Indonesia
dan pakai power supply 110V.

Cara lain adalah pakai FXS gateway, macam Linksys PAP2T (2lines), ini
sekitar S$89. Atau Dlink...type lupa..(1 line) ini S$75. Cuman ya jadi
ribet karena kabel kebanyakan dan unit juga kebanyakan. Kalo di kantor
mending IIPPH 202/203 di atas.