Hampir semua ISP kontraknya per tahun. Hanya CBN yang saya tahu sistem
kontraknya per bulan.

Kalau anda kontrak dengan ISP per tahun, dan ISP tersebut jelek, anda bisa
saja putus tengah jalan. Resiko paling tinggi, bayar penalti. Tapi kalau
alasannya kuat, bisa saja tanpa penalti. Penalti itu ada di klausul
perjanjian, untuk proteksi ISP dari sisi hukum. Pada prakteknya, bisa saja
ngga bayar penalti, tergantung nego anda.

Salam
Albert