bukan tidak boleh atau tidak bisa, boleh2 saja dan bisa2 saja. tapi
itu memang tidak mencegah brute force attack.

captcha menggunakan session? captcha itu hanya sebuah test, itu tok.
ngga ada hubungan langsung dengan session dan ngga musti menggunakan
session. kalaupun di generate random itu hanya aplikasi dari teknik
captcha dan random generatornya saja, dan tetap saja tidak mencegah
brute force attack. kalau toleransi itu ngga dilimit itu ya mesin
brute force nya bisa saja terus menerus melakukan attacknya. tapi
emang makin susah karena possible key nya jadi password ^ captcha
word. ibaratnya harus memasukkan 2 password di 2 textbox sekaligus
buat sekali login.

maksud selisih IP itu kaya gimana ya? kira-kira logikanya gmn? kalau
berguna mungkin bisa saya pakai utk saya sendiri.