On Friday 08 June 2007 10:55, ari rise wrote:
> butuh masukannya.. saya mau belajar mengunakan Linux dari awal..
> maksudnya dari Instalasi sampai penggunaan..
> Distro apa yang bagus.. mudah digunakan.. tetapi juga menantang untuk
> dipelajari.. Juga bisa untuk digaunakan membuka file2 yang sama seperti di
> Windows.. karena saya semua mau file2 bisa dibuka di Linux.

Indahnya Linux adalah karena dia warna warni.
Tidak ada distro yang terbaik. Semua punya kelebihan masing masing. Linux
tidak dirancang standard, lalu semua orang harus menyesuaikan diri dengannya.
Sebaliknya, justru si Linux yang menyesuaikan diri dengan anda.

Saya pengguna openSUSE, namun tidak semua orang senang menggunakan openSUSE.
(contoh: baca mailku yang lalu tentang openSUSE vs. ubuntu).

Cara belajar yang menurut saya baik kira kira sama dengan waktu kita belajar
DOS/Windows dulu.

Waktu kita belajar DOS/Windows, hanya itu yang kita miliki.
Kalau kita tidak tahu, kita tidak menyalahkan komputernya, tapi dengan rendah
hati belajar dan bertanya pada orang lain. Lama lama, akhirnya kita pinter
juga. Andaikan tiap kali masalah, kita menyalahkan DOS/Windows-nya, misalnya
dengan mengatakan, "Apple bisa begini, Mac bisa begitu, Solaris lebih bagus",
dll, mungkin kita tidak pinter pinter juga, walau ada DOS/Windows terinstal
di komputer kita. Inga' inga' tiap sistem operasi punya kelebihan dan
kekurangan masing masing. Bersyukurlah atas setiap kelebihannya, dan lupakan
kekurangannya (kecuali kalau bisa membantu mengeliminasi kekurangan
tersebut).

Begitupun kalau mau belajar Linux.
Instal linuxnya, dan pakai HANYA linux saja.
Kalau tidak tahu, rendah hatilah untuk bertanya, dan tidak menyalahkan
linuxnya.

Hindari dual boot dengan windows, agar tidak tergoda untuk kembali ke WIndows
hanya karena tidak tahu melakukan pekerjaan kita di Linux. **you have been
warned**

Selamat belajar, semoga sukses.

Adi Nugroho
PT. iNterNUX - Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535/GSM:+62-816-27-9193