----- Original Message -----
From: "Ryo Saeba" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 06 September, 2007 2:15 PM
Subject: Re: [ITCENTER] [Ask] Nanya ,untuk melegalkan Windows Bajakan ?

> OEM itu original equiment manufacturer. lisensi tipe OEM ini melekat
> ke hardware yang datang bersama software ini. misalnya, dvd burner
> yang dilengkapi dengan nero yang OEM, ini beda dengan lisensi nero
> yang tipe retail. nero yang OEM tidak bisa / tidak boleh dipergunakan
> ke dvd burner yang berbeda, sementara nero yang retail bisa dipakai
> dengan sembarang dvd burner yang ada.
>
> kalau ada 50 pc yang pakai windows bajakan, "membeli" lisensi windows
> yang OEM tidak akan menyelesaikan masalah (perhatikan saya memberi
> tanda kutip pada kata membeli, karena yang namanya lisensi OEM itu
> [...]

Wpy:
Okay saya ngerti koq apa yg Bung Ryo maksudkan dgn lisensi OEM
ini. Akan tetapi di kntr saya, saya biasa beli koq ke toko langganan
komp di Glodok Win-XP OEM tsb klo ada komp baru. Tahun 2003
yg lalu, saya beli CD Win-XP Pro OEM lumayan banyak juga dan
saya install di komp lama (Pentium 3 dgn memory 256 Mb). Jadi
gak harus diinstall di komp yg baru saya beli. Klo beli yg retail mahal
sekali, sekitar 300 US Dollar. Biasa disebut FPP (Full Package
Product). Di kntr saya semua komp memakai Win-XP Pro OEM
dan ada beberapa komp yg pakai Win-98 SE OEM.

Salam,
Wiempy