--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Wiempy" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Wpy:
> Klo ada komp rakitan yg baru saya beli untuk keperluan
> kntr, jelas saya harus beli OEM. Toko2 komp di Mangga
> Dua dan Glodok juga banyak koq yg jual CD Win-XP OEM
> dan jelas hal tsb tdk dilarang oleh MS. Sory saya salah,
> seharusnya klo mau beli yg retail baru saya pesan lewat
> situsnya MS.

Jika anda membeli barang curian dari maling dengan full hard cash,
tidak lalu menjadikan barang yang anda miliki itu legal. Gampang toh
logikanya? Ketika anda membeli mobil curian, misalkan. Walau anda
bayar cash, tapi tanpa proses pembuktian kepemilikan dan di-approve
DLLAJR, anda bisa kena tuduh jadi penadah bukan?

Toko toko yg anda refer, yang menjual OEM license, tanpa menjual 1
komputer lengkap ke anda, telalu melakukan illegal business practice.
Ketentuan tentang OEM sudah ada dan jelas di homepage Microsoft.
Keharusan bahwa OS harus pre-installed dan media hanya sebagai backup,
dan juga pembuktian pembelian computer hardware dan OS dalam satu
faktur atau serialized transaction, sudah sangat jelas.

Soal kenapa MS tidak melarang toko komputer menjual OEM licese secara
ketengan ke public tanpa system yang lengkap, tidak bisa jadi alasan
pembenaran anda.