Secara logis RAID5 5 HDD akan lebih cepat membaca daripada RAID5 dengan
4 disk karena data ditransfer oleh 5 dibandingkan dengan 4 disk. Tetapi
ini diasumsikan dengan controller dan memory buffer (di RAID
controllernya) yang sama.

Pemilihan konfigurasi RAID sangat bergantung pada aplikasi di servernya.
Misalnya:
- web server => banyak read. Maka lebih bagus RAID 5.
- database server. Perlu diteliti penggunaan database lebih banyak write
atau read.