From: "syiwabhairawa" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 07 September, 2007 2:35 PM
Subject: [ITCENTER] Re: menambah hardisk di RAID 5

> kalau begitu kalimat 3 atau 5 sebagai minimal hard disk bisa dikoreksi
> bukan?

Yups bisa dikoreksi.

> Kok aneh yah statement anda. Gabungan RAID 0 dan RAID 1 itu kan ya
> RAID 1+0 atau RAID 0+1.
> Kalau RAID 5 dibilang gabungan RAID 0 dan RAID 1, sejak kapan XOR
> parity computation ada di algoritma RAID 0 atau RAID 1?
>

> RAID 5 sendiri mensyaratkan semua HDD di
>

> Ah ndak tuh, coba ditanyakan kepada para pemilik Compaq Proliant yang
> punya RAID hardware, bagaimana fleksibilitas yang dimiliki mereka.
> Soal batasan size kudu sama atau tidak kan bergantung pada
> implementasi. Ada juga kok yang bisa different size. Tentu saja dengan
> konsukuensi masing masing.

Iya juga sich, lebih baik sizenya sama. Klo beda size sudah jelas dgn
resiko masing2.

> Semakin banyak
>
> Oh, jadi menurut anda RAID 5 dengan 4 hard disk akan kalah dengan RAID
> 5 20 hard disk (contoh saja), jadi penambahan hard disk akan menambah
> performance? Baru tahu saya lho, dari mana anda dapat informasi ini?
> Yg saya sering baca, kalau RAID 5 menggunakan hard disk masa ini,
> biasanya law of diminishing return terjadi ketika lebih dari 8 hard
> disk. KAlau gak salah Toms Hardware pernah menguji hal ini di bagian
> storagenya. Itu juga kenapa di kebanyakan hardware RAID storage
> seperti IBM, HDS, EMC biasanya RAID 5 group terbesarnya 8 hard disk.

Saya pernah baca artikel yg ada di link ini mengenai RAID 5:
http://www.ahinc.com/raid.htm

Mohon dicek kebenarannya.

> Biasanya sich memakai 5 drives dgn satu drives
>

> Mahal itu relatif, dibandingkan dengan apa?

Dibandingkan dgn kinerja yg akan didapat, serta kecepatan
akses yg akan didapat. Dan juga meminimalkan resiko
kehilangan data jika tiba2 ada hardisk yg jebol. CMIIW

Salam,
Wiempy