  From: Albert Siagian
  To: ITCENTER@yahoogroups.com
  Sent: Wednesday, September 26, 2007 10:42 AM
  Subject: RE: [ITCENTER] tanya Server rakitan

  Sekitar USD 200 - 300.

  Apa kelebihan Server branded dibandingkan rakitan? Salah satu yang paling
  penting adalah kualitas komponen. Server branded menggunakan kualiatas
  komponen yang lebih baik. Hal ini yang saya "pinjam" di server rakitan.
  Mainboard kelas atas, umumnya digunakan untuk overclocking/performa, yang
  otomatis pasti komponennya lebih baik dibandingkan mainboard 500 ribuan.
  Walaupun Server rakitan bukan untuk overclocking, tapi kita ambil manfaat
  kualitas komponen tadi.

  Hal lain yang perlu diperhatikan adalah VGA. VGA onboard dari Intel umumnya
  support Win Server 2003 (dengan asumsi anda pakai Windows). ATI saya belum
  coba. NVIDIA umumnya support (saya coba 7100GS dan 7600GS)

  > Betul pak saya mau pakai HDD SATA, Motherboard yang bapak
  > maksudkan sudah mendukung ini ya.

  Lihat saja spek chipsetnya, ICH8R atau ICH9R. Tanpa "R", itu tidak support
  NCQ.

  Salam
  Albert