> Mumpung masih bahas PSU yang masih ada hubungannya dengan hdd. Sekalian
> tanya. Bagaimana dengan hdd internal yang dibuat eksternal (pakai case dan
> adaptor "generik")? Kadang saya lihat ada user yang lebih suka menyimpan
> datanya di hdd "eksternal" semacam itu (begitu komputer nyala, hdd
> "eksternal" nyala juga), dengan asumsi PSU di PC pakai yang bagus. Apakah
> efeknya sama saja? Tx.

kalau yang mengambil power dari USB / firewire, sepertinya kita
ngomongin hdd 2.5". buat saya pribadi sih yang kayak gini lebih
rentan, bukan cuma dari masalah power, tapi juga masalah unmount yang
tidak sempurna, karena sifatnya yang portabel. bisa saja kabel
konektornya kesenggol sehingga lepas secara tidak sengaja.

=== Sependapat. Tx share-nya, Pak Ryo.