haloo pak Tenly dan pak Henkie

sebagian besar sudah dijawab oleh pak henkie sy rasa cukup jelas.....

jd klo org PLN jawab begitu berarti mereka tidak mengerti...pengangan PLN
hanya 1 dr rumus segitiga daya.

rumus daya untuk arus bolak balik P= V x I x cos phi klo DC P= V x I

nilai cos phi yg ditetapkan PLN setau sy 0,85 lagging untuk rumah tangga

klo diindustri diharapkan nilai cos phi = 1 supaya tidak ada tagihan Kvar,
KVar ini beban semu tp yg harus dibayar, klo kita dirumah hanya 1 patokan
tagihan listrik yaitu hanya liat 1 KWh meter tp klo pabrik ada 2 liat KWh
meter dan KVar meter

klo kapasitor yg dijual dipasaran nilainya tetap bisa jg suatu saat jd beban
kapasitif, yg baik itu kapasitor bank industri ada detektor cos phinya
berupa zero crosing detector..

nah apa itu cos phi?

cos phi itu adalah sudut beda fasa antara fasa tegangan dan
arus.....kenyataan dikehidupan sehari2..fasa arus tertinggal dari fasa
tegangan

klo cos phi dirumah kita ato di gardu kita kecil misalnya 0,5 lag kita rugi
berat ueeyyyy

just sharring...mohon maaf jika ada yg kurang berkenan membahas masalah ini
krn ini forum IT ada yg mau tanya2 selanjutnya japri yah.......
thx
regads