Startup XP jika lambat banyak factornya
  - bisa bad sector, Jika bad sector mapping file tidak terlalu, tetapi bad
sector karena fisik atau magnetic agak pengaruh memperlambat.
  - bisa space hd di boot partition tinggal sedikit. tidak ada ruang lagi
untuk swapping.
  - bisa juga karena startup list yang ada pass waktu boot terlalu banyak
jumlahnya.
  - bisa juga karena startup list yang ada pass waktu boot terlalu banyak
memakan memory.
  - bisa juga karena service yang failed, yg menyebabkan timeout, karena
depedency service tidak up. timely fashion.
  - bisa juga karena loading driver yang terlalu banyak atau masalah driver
filenya.
  - bisa juga karena virus yang memakan resource cpu.
  - bisa juga karena hardware problem.
  - bisa juga karena problem power supply. listrik. biasanya intermiten di
harddisk. Saya pernah mengalaminya.
  - bisa juga karena component windows error. Hal ini terjadi pada saya
sekarang dan masih mencari problem and solusinya.
  - bisa juga karena aplikasi yang ada di startup menyebabkan lambat. Contoh
Norton Anti Virus.
  - bisa juga karena registry yang terlalu besar. Karena biasanya setting
registry akan di up ke memory.
  - bisa juga setting harddisk yang ada di device manager tidak di setting
DMA melainkan PIO. Hal ini pernah terjadi juga pada saya.

Silahkan analisa, Setiap factor pendekatan analisanya macam macam. sangat
banyak yang harus di tulis jika saya jelaskan satu satu.

Semoga membantu