--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "ƒêÓðâ² (Ryo Saeba)" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> plus penawaran kredit tanpa agunan. lengkap deh, gaji tinggi, masih
> ditawarin kredit pula.

plus penawaran training via japri hasil harvesting dari email member
di sini. Yg setelah lihat syllabus 5 hari training ini mah cukup RTFM
satu hari aja jadi. "Tapi kan dapat sertifikat kehadiran" itu biasanya
pembelaannya kalo saya kejar.

Kenapa trainingnya tidak :
1. berorientasi ke certification saja?
2. mungkin juga baiknya menawarkan kursus bahasa Inggris teknis yang
mudah tapi akurat. Jadi membuat student jadi cakap membaca dokumentasi
dan menghindari vocabulary kata kata lucu, seperti : bandwich, cd
room, swith, enthernet maupun mengetik dengan Microsoft.

Barusan denger Podcast-nya Cisco yg isinya wawancara bossnya Wipro,
India. USA setahun produksi 70.000 Engineer, sementara India 500 ribu.
Dan karena bahasa Inggris yg bagus, lulusan India pada bisa langsung
bersaing di pasar global. Kapan ya Indonesia bisa begitu?
Simplenya, kalau level persaingan masih di kelas nasional, minta gaji
cukuplan untuk beli nasi padang minum air teh. Kalau udah bisa
bersaing di pasar internasional, bolehlah minta gaji untuk beli steak,
keju dan minum wine.