--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Budi Setiawan" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>    Begini , IPConflict tidak terjadi hanya di 2 komputer , tetapi
lebih dari
> 2 komputer , dan anehnya random , kadang PC , notebook atau bahkan
server
> (seperti menggunakan software ipattack).
>
>   Yang ingin kami tanyakan bagaimana kita mengetahui user yg
melakukan hal
> tersebut (kalau hanya 2 tentu mudah), IP static di luar range DHCP ,
tetapi

>   Mohon pencerahannya.
>
> salam,
>
> Budi

setiap terjadi IP collision, pasti tercatat kan MAC Addressnya, baik
di host yang berproblem ataupun di switch kalo anda pakai managed
switch. Dari situ anda bisa mulai trace back, siapa pemilik MAC
Address yang sering collide itu. Apakah itu itu saja, atau selalu
berganti. malah dulu saya pernah ada kasus IP collision terjadi pada
MAC address yang sama sendiri. ternyata problemnya ada di firmware
3Com switch yang buggy