Apa yang bapak alami saya pernah alami.
Tapi dari pengalaman kita belajar.
Dalam hal ini yang perlu diperhatikan menurut saya adalah :

1. Aturan yang jelas ( It Policy )
2. Kita sendiri harus berani untuk tegas.

Kalau tidak memang benar kita sendiri yang akan repotttt.
Untuk membuat IT Policy

1 Bisa kita coba susun sendiri berdasarkan kondisi kantor kita. Karena
masing-masing kantor pasti berbeda.
2 Coba belajar dari IT Policy yang sudah ada, dari temen, kenalan yang mau
share.
3 Untuk Trainingnya ada tuh pak, saya masih simpan mailnya. Kalau masih ada
nanti saya bisa saya kirimkan.

Tapi mungkin dicoba dulu yang no 1 & 2

Best Regards,

Stephanus Kusdibyo