Coba sedikit.
1. Yang dimaksud maksimal 10 user, adalah concurent connection kalo si
xp dijadikan 'server', macam file server, print server.
Windows XP adalah client based microsoft product. Tidak bisa diinstall
semacam server2 enterprise microsoft seperti Exchange, ISA, System
Center etc etc.

2. Melayani sampai 30 user? saya rasa tidak, dia bisa melayani lebih
dari itu tergantung licence yang di purchase.
Akses cepat tergantung dari resource yang tersedia, semacam
ketersediaan memory, harddisk speed, bandwidth utilization dan
lain-lain.
Microsoft Windows Server adalah kelas enterprise yang mana bisa
diinstalasi semacam robust file server, Exchange, ISA, System Center,
SPS, CRM, ERP, SQL server enterprise etc-etc. Yang mana kita tidak
bisa melakukan itu di Windows XP.

Lalu apakah harus seperti itu sebuah product? tidak, di Linux, konsep
server tergantung service. Dalam dunia Microsoft, itu hanya strategi
marketing memisahkan desktop dan server. Walau beberapa vendor
mengikuti startegi tersebut.

3/4. Untuk menghitung 10 user butuh berapa, tentu tidak ada jawaban
yang pasti. Karena pemakaian users terhadap system tentu tidak sama.
Satu orang mungkin cukup baca e-mail saja, yang lain bisa sangat
intensif. Ini hanya sebuah perkiraan berdasar best practise.
Dalam website microsoft banyak tool yang tersedia terutama untuk
melakukan sizing dan assesment untuk current system yang sudah ada.
misalnya untuk kebutuhan upgrade dlsbg.

Menurut saya, coba saja lihat kebutuhan recomendation from microsoft
dari sebuah system yang akan dibangun, ada kok banyak.
Misalnya kebutuhan minimum Windows 2008 itu memorynya berapa dlsb,
dlsb. terus ketika dipasang aplikasi, kebutuhan best practise itu
berapa, semua bisa ada cari di microsoft website.

Tapi memang ada consultant yang memiliki template perhitungan
tersebut, coba aja googling... mudah2an ketemu apabila sedikit rajin
:-)
good hunting.

regards,