IMHO. Kalo menurut saya, disk tidak bisa saling membackup dan menjaga
availability, tapi itu tugasnya controller.
Nah masalah ada yang jadi master atau slave (sebetulnya istilah ini
kurang pas juga), itu bisa saja menjadi propietary dari vendor yang
menciptakan controller. Selama prinsip mirroring RAID 1 dipenuhi,
artinya ketika salah satu HDD rusak, maka HDD lain bisa di backup.

Sebetulnya konsep HDD pun menjadi rancu manakala yang di mirror
menggunakan h/w mirror, kayak di smart Array HP, dia bisa membuat 2
HDD seolah2 menjadi 1 logical, dan di backupke 2 HDD yang lain.
Apa aja menjadi lebih luas ketika vendor mengembangkan sendiri hal tersebut.

~o