sesuai dengan pertanyaan mengenai software pencetak sertifikat
berikut ini beberapa hal yang saya ketahui.

1. software yang digunakan untuk menghasilkan artline
    spt pada ijazah, materai, sertifikat dan barang2 security lainnya
    merupakan software khusus untuk security printing.
    Software ini bisa menghasilkan guilloche, errror text,
    relief dll. yang paling murah sepertinya adalah
    founder superline ( made in china ) sekitar 300 juta.
    http://www.founder.com.cn/en/Products/index.asp?id=22
2. untuk teknik cetaknya, ijazah masih menggunakan
   mesin cetak sheetfed pada umumnya. tetapi kl teknik
   cetak pd uang menggunakan teknik cetak intaglio
   (cetak kering ) sehingga hasil cetak timbul.
   demikian semoga bisa memberikan sedikit pencerahan.