----- Original Message ----

Sori saya yang salah interpretasi :)

> BTW,kenapa kudu external sih? Internal gak bisa? Lalu total sekali
> backup berapa ukurannya?

Internal bisa aja, cuma saya perlunya alat backup ini nantinya bisa dipindah2
colok ke server lain, kali2 server backup nya rusak misalnya.

> Lalu maksud critical ini bagaimana yah?
> Apa takut hard disknya rusak?

Jelas takut hehehe

> [...]

> Atau takut corrupt data? Gak masalah, checksum ZFS sangat rigorous, end
> to end, tape jelas kalah
> Atau takut gak bisa multi versioning? ZFS snapshot bisa bikin snapshot
> harian.
> Atau data tidak boleh di satu tempat saja untuk disaster recovery? Ya
> pakai ZFS replication. Foto foto keluarga saya disimpan di main ZFS
> server, lalu setiap minggu sekali di replicate ke ZFS desktop di ruang tamu.
> Atau datanya kudu diumpetin? Nah kalo ini emang kudu external. Tapi ZFS
> juga bisa diterapkan di external drive :D

Dari semua point, selain takut, saya kan kudu riset dulu, apakah the whole ZFS
system berjalan dengan baik (walau situ recommended, saya tetep kudu uji coba
dulu :P), dan untuk riset ini saya kudu beli eksternal HDD dan USB port hub
(gak bisa minjem kan :D) dan justifikasinya agak ribet disini :), dan juga ada
alasan lain yang tidak bisa saya ungkapkan di forum ini hehehe.

- Cygnus -

      Yahoo! Toolbar is now powered with Search Assist.Download it now!
http://sg.toolbar.yahoo.com/