Dear All...
Ngasi masukan dikit nih...

Gw lum pernah pakai blackberry, tapi di kantor gw dulu pakai indosat, dan
lumayan tidak ada keluhan dari kalangan expatriat...
Tapi gw bisa kasi perbandingan dikit nih, bukan layanan blackberry, tapi
layanan 3G/GPRS dari ketiga operator diatas....
Kebetulan di kantor kita para engineer dikasi modem, dan dah pernah nyobain
ketiganya....

Kalau XL sih layanan cuma cepat kalau kita pakai di Jakarta, kalau di luar
kota udah megap-megap, untuk sinyal GPRS paling lemot, mungkin karena banyak
provider internet yang memakai jaringan XL.
Kalau Telkomsel jaringannya luas, untuk sinyal GPRS lumayan bagus lah hampir
di semua kota ada (termasuk Palu dimana sinyal GPRS satu-satunya yang dapat
hanya dari Telkomsel), tapi untuk kestabilan masih kurang terjaga...
Kalau Indosat , jaringan 3G/HSDPA lumayan banyak (walau tak sebanyak
telkomsel), tapi kualitasnya yang paling bagus, untuk sinyal GPRS biasa aja,
karena masih kalah luas dengan Telkomsel, tapi jauh lebih cepat dari
telkomsel,

Itu pengalaman gw pakai ketiganya... Mungkin ada temen lain yang mau
sharing, karena gw yakin pengalaman gw pasti berbeda dengan pengalam
temen-temen yang lain...

Nah kaitannya pasti ada donk dengan layanan blackberry, yang sangat
tergantung kepada layanan GPRS,3G dan HSDPA dari ketiga operator diatas...
Kesimpulan gw,,...
Kalau hanya dipakai di kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Makasar
pakai XL merupakan pilihan yang bagus, karena menawarkan harga yang lumayan
murah...
Kalau sering keluar kota Telkomsel menawarkan coverage yang paling luas...
Tapi kalau yang paling penting adalah kualitas dan kestabilan dipakai di
kota-kota besar dan kota-kota kecil yang sudah ada sinyal GPRSnya, maka
Indosat adalah pilihan yang bagus, walau paket penawarannya paling mahal
diantar ketiganya untuk pakai unlimited (kalau gak salah 180 rebu, sementara
telkomsel dan xl sekitar 100 rebuan, kalau salah mohon dikoreksi ya...)

Semoga membantu..
Thanks and Regards,

--
Lonely Ranger In The Middle Of No Where