Unlimited apn bb cuma di lokal alias tempat negara operator tersebut berada,
kalo sedang roaming intl kenanya intl gprs, tariffnya otomatis nambah banyak.

-----Original Message-----
From: "mas tri" <[EMAIL PROTECTED]>

Date: Thu, 20 Nov 2008 09:37:05
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Subject: [ITCENTER] Re: Blackberry

utk penggunaan BB di mancanegara

keq nya bukan blackberry nya yang menentukan, tapi operator kartu
kita. sejauh saya tahu, blackberry gak nge lock negara ala iPhone
(?). temen saya pas ada acara ke sg, pake indosat matrix, tapi matrix
nya roaming internasional nya di aktifkan dulu, lancar lancar saja
bisa terima dan kirim email (cuma delay lebih lama). so, kalau
operator kartu kita bisa roaming di negara tempat kita berada, gak
perlu di kutak katik tetep jalan, BBM nya juga kayak nya jalan.
perkara charge nya kena berapa (untuk sms, call) wah itu jelas lebih
mahal kayak nya. tapi paket data kan sekarang trend nya unlimited
untuk koneksi Blackberry (email, bbm), jadi kayak nya sih gak masalah
make BB di luar negeri.

note: saya bukan marketing atau pihak yang ber afiliasi ama indosat,
seperti saya bilang matrix voice nya suka 'busy' :)

tri
--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Stephen Sebastian"