Hmmm, sebenarnya type lenovo ada yang bagus ada yang biasa (bukan jelek ya)
Memang diakui masih banyak customer saya lebih prefer ke yang Thinkpad
atau ex-IBM seperti seri X (12 inch), T (14inch) yang bagus. Ada beberapa hal
kenapa IBM (bukan lenovo) yang saya perhatikan perbedaan antara IBM dan lenovo.
1. IBM lebih suka non wide (untuk seri bisnis) dikarenakan wide memiliki
kelemahan di kabel flexibel di diatas lebih panjang sehingga banyak problem.
2. IBM lebih suka LCD frame lekuk ke dalam , untuk menghindari tekanan LCD dari
atas.
3. IBM ada sensor sentrifugal, dimana diangkat 10cm aja bisa langsung harddisk
otomatis parking
4. IBM engselnya bukan dibuat dari besi yang dilubang tengah (sudah sejak 5thn
yang lalu), merk sekarang sudah sama

Sedangkan lenovo untuk bisnis gencar dibandingkan dengan research nya. Menurut
saya IBM sudah capek urus
yang price sensitif (end user laptop, pc). Mereka sekarang lebih cenderung ke
arah high class performance dimana
price no. 2. So patokan dari beberapa yang saya compare, untuk laptop kembali
ke budget dulu, dari situ baru bisa
saya bantu arahkan ke zyrex atau ke vaio :-D. Karena notebook ada beberapa
nilai yang sulit dicompare dengan duit :
1. value
2. gengsi
3. performance

Kalau mau tanya detail notebook japri aj, panjang lebar disini

regards,

Kuswan
Fortuna Notebook (Authorize HP/Compaq Reseller)