vpn-nya jenis apa dulu? IPSec bukan? Kalau iya IPSec VPN itu agak rese
kalau pake NAT.
Kalau pake dial-up, biasanya dapet IP public langsung di komputernya.
Sedangkan pakai speedy, IP publicnya di modem, sedangkan laptop dapet
IP lokal (di NAT).
So IPsec VPN kemungkinan besar gak bisa jalan. Kecuali kalau modem
dslnya itu udah ada IPSec VPN ALG (Application Level Gateway), tapi
biasanya modem2 dsl yg murah2 engga bakal ada fitur ini. Kalau Vigor
product ada tuh, tapi mahal modemnya bisa 300 - 600 dollar.

Semoga membantu.

-diky-