From: 冴羽獠 (Ryo Saeba) <ryosa...@gmail.com>
Subject: Re: [ITCENTER] Koneksi Speedy tdk mau Vpn
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: Tuesday, January 6, 2009, 7:45 PM

2009/1/6 Diky Mulyana <dqpub...@gmail. com>

> vpn-nya jenis apa dulu? IPSec bukan? Kalau iya IPSec VPN itu agak rese
> kalau pake NAT.
> Kalau pake dial-up, biasanya dapet IP public langsung di komputernya.
> Sedangkan pakai speedy, IP publicnya di modem, sedangkan laptop dapet
> IP lokal (di NAT).
> So IPsec VPN kemungkinan besar gak bisa jalan. Kecuali kalau modem
> dslnya itu udah ada IPSec VPN ALG (Application Level Gateway), tapi
> biasanya modem2 dsl yg murah2 engga bakal ada fitur ini. Kalau Vigor
> product ada tuh, tapi mahal modemnya bisa 300 - 600 dollar.

ya gampang toh, bikin komputernya yang dial (PPPoE dipindahkan dari
modem ke komputer), nanti modemnya cuma jadi bridge, IP public dapet
di komputernya. buat yang langganan speedy time based rata-rata pake
model dial di komputer begini.

--
things left unsaid, http://ryosaeba. wordpress. com
maxgain scams, http://maxgain. wordpress. com