--- Pada Jum, 9/1/09, Fadjar Nurswanto <mailingl...@rindudendam.net> menulis:
Dari: Fadjar Nurswanto <mailingl...@rindudendam.net>
Topik: Re: [ITCENTER] pengganti flashdisk
Kepada: ITCENTER@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 9 Januari, 2009, 4:30 PM

            John Faithful wrote:

> Trima kasih atas solusinya...

> Hehehe... usul Anda sudah pernah terpikir di tempat kami, kami pernah
> terpikir untuk menge'cor flash disk, sehingga jadi besar. hehehe... tapi
> sebelum melakukan hal itu, kami ingin mencari dulu siapa tau ada pengganti
> flash disk yang ukurannya lebih besar...

> Usul yang kedua mengenai menggunakan wifi, kami juga pernah terpikir,
> kemudian ditimbang2 lagi, dan sudah pernah dicoba, tempat kami tidak cocok,
> pertama karena jaringan di tempat kami ada banyak (membedakan antara LAN
> [...]

Maaf Mas John, (maaf maaf terus nih)

Untuk permasalahan beda jaringan (LAN Personalia, LAN Produksi, LAN Etc) yang
saya tahu solusinya

dengan menyediakan penterjemahnya yaitu router (http://id.wikipedia .org/wiki/
Router). CMIIW.

Kalau boleh tahu,

1. sebesar atau selebar apakah jarak antar gedung yang membutuhkan update atau
transfer data ?

2. pada masing-masing LAN (Produksi, Personalia, Etc) apakah memiliki server
sendiri atau hanya

berfungsi sebagai share folder antar client saja tanpa server ?

Tapi kalau memang sudah diputuskan kalau transfer data tetap menggunakan
non-jaringan atau

menggunakan flashdisk atau ext HD, kalau saya mengusulkan menggunakan flashdisk
(karena

ketahanannya) dan untuk alasan keamanan tentunya harus ada prosedur yang
mengatur proses itu agar

tidak kecolongan seperti yang disampaikan mas Andi Putra.

Maaf kalau ... (duh maaf lagi),

Fadjar Nurswanto

http://rindudendam. wordpress. com