big thanks untuk om albert, om yusron, om rusli, om ismail atas respon
dan masukannya.

Beberapa hari saya coba cek dengan bbrp tools gratisan, juga japri2an
dengan om fitra.
Dan kondisi dbf nya baik-baik saja, hingga habis akal rasanya.
Selidik punya seilidik.. ternyata program ini menggunakan sebuah dongle, bentuk
seperti jek konektor cowo cewe gitu, dia menyambung antara port LPT
dengan kabel printernya.

saya memang melepasnya, saat saya mau pasang printer barcode.
saya fikir, ini apa kok pake gini2an segala, lalu saya langsungin itu
kabel printer dengan port-nya.

demikian om :)

terima kasih.

--