file *.dat bisa berbagai macam formatnya.

jaman pascal dulu saya ingat sering buat file dengan yang namanya 'typed
file' dimana format atau struktur file di hardcoded di aplikasinya.
Pengalaman saya sih typed file ini memiliki fixed length record, dimana
setiap record panjangnya fixed. Jadi misal satu file .dat berisi 100 record
masing-masing panjang recordnya 10 bytes, maka ukuran file nya pasti 10*100
bytes = 1000 bytes.

butuh effort untuk dump file ini, adapun file untuk nge-dump biasa saya
gunakan adalah WINHEX.

...del...

--
// syarifl.com