Rekan-rekan,

Netbook saya kemarin mempunyai masalah saat berhubungan dengan internet,
melalui modem TP-Link TD-8817 yang dihubungkan ke Wireless Router TP-Link
TL-WR340, secara wireless.
Gajalanya saat berhubungan dengan internet selalu gagal.
Lampu indikator di modem ADSL menunjukkan normal, demikian juga dengan LAN.
Namun yang Internetnya, mati.
Dari desktop-desktop lain yang terhubung ke Wireless Router melalui kabel, juga
gejalanya, sama.
Kemudian saya ubah hubungan langsung dari netbook ke modem ADLS lewat LAN,
ternyata sama juga.
Modem saya reset, parameternya saya set ulang, netbook saya restart, hasilnya
sama juga.
Demikian juga kalau dengan menggunakan desktop-desktop.
Saat lihat statusnya lewat 192.168.1.1 ternyata untuk IP address, Subnet,
Gateway dan DNS Servernya semua menjadi 0.0.0.0.  Seharusnya, yang selagi
normal saya catat, adalah 121.161.52.122, 255.255.255.255, 121.161.48.1,
203.130.196.5.
Saya coba set secara manual, tidak bisa, terutama saat saya isi Subnetnya
dengan 255.255.255.255.
Saya telepon Telkom Speedy, katanya statusnya, normal.
Jadi seakan-akan modemnya, rusak.
Kemudian saya berpikir, ada kemungkinan karena netbook dan komputer-komputer
saya terkena virus.
Karenanya, saya coba install ulang secara bersih Windows XP netbooknya.
Setelah di install ulang dan saya hubungkan modem ADLSnya yang telah di reset
sebelumnya, parameternya diisikan, semua berjalan dengan normal.
Demikian juga kalau saya kembalikan ke hubungan semula, yaitu dari modem ADSL
ke Wireless Router, secara wireless, netbook bisa berfungsi normal, juga
desktop=desktop lainnya secara kabel.  Untuk Windows desktop-desktopnya, tidak
saya install ulang.

Pertanyaan saya, apa penyebabnya, hanya dengan menginstall ulang Windows XP
yang di netbook, sedangkan di desktop-desktop tidak diinstall ulang, masalah
bisa terselesaikan ?
Kalau hanya netbook saya yang terkena virus, kenapa saat dicoba dengan
desktop-desktop tetap tidak bisa ?

Apakah ada cara lain selain menginstall ulang Windows netbooknya ?

Terima kasih dan Salam.